cover
Contact Name
Yafid Effendi
Contact Email
mbjtm@umt.ac.id
Phone
+6281320262711
Journal Mail Official
mbjtm@umt.ac.id
Editorial Address
Universitas Muhammadiyah Tangerang Jl. Perintis Kemerdekaan No.1/33, RT.007/RW.003, Babakan, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten, Indonesia 15118
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin
ISSN : 25495038     EISSN : 25804979     DOI : -
Motor Bakar adalah jurnal online prodi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Tangerang berisi tentang artikel hasil penelitian dibidang Konversi Energi, Perancangan dan Teknik Manufaktur serta Rekayasa Teknik Otomotif. Sebagai wadah bagi para dosen maupun mahasiswa dalam membuat karya ilmiah, karena sesuai dengan tuntutan perguruan tinggi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu, Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, maka dibuatlah Jurnal Teknik Mesin.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2020): Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin" : 8 Documents clear
ANALISIS PENGARUH PERFORMA TERHADAP VORTEX CYCLONE PADA SEPEDA MOTOR Amir Amir; Efrizal Efrizal
Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin Vol 4, No 1 (2020): Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/mbjtm.v4i1.5720

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui performa yang dihasilkan jika motor 110 cc menggunakan vortex cyclone. Untuk mengetahui perbandingan bahan bakar pada motor 110 performance untuk mengetahui daya dan torsi pada motor Honda matic 110 cc. Bahan yang digunakan vortex cyclone. Alat yang digunakan untuk uji performa yaitu computer,  dynamometer, blower, dan exhaust. Dari hasil pengaruh performa motor 110cc menggunakan vortex cyclone yang telah dilakukan, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut : Setelah dilakukan pengujian performa daya pada motor automatic fuel injection 110cc jika menggunakan Vortex cyclone di Dynotest dapat diketahui perubahan daya dan torsi pada motor 110cc. Dan dari hasil pengujian yang dilakukan oleh penulis terhadap penggunaan bahan bakar dengan menggunakan Vortex cyclone dan tidak menggunakan Vortex Cyclone, terjadi perubahan yang signifikan pada saat motor automatic fuel injection 110cc jika menggunakan Vortex cyclone terjadi keiritan penggunaan bahan bakar. cc jika menggunakan vortex cyclone. Jenis penelitian yang di lakukan adalah penelitian experiment.
ANALISIS KINERJA HEAT EXCHANGER TYPE SHELL AND TUBE BERBAHAN TEMBAGA ALIRAN SEARAH DAN ALIRAN BERLAWANAN TANPA RADIATOR Fanni Fattah; Ahmad Iskandar
Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin Vol 4, No 1 (2020): Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/mbjtm.v4i1.5709

Abstract

Alat penukar kalor atau heat exchanger adalah suatu alat yang memungkinkan perindahan panas dan bisa berfungsi sebagai pemanas maupun sebagai pendingin. Penukar panas dirancang sebisa mungkin agar perpindahan panas antar fluida dapat berlangsung secara efisien. Pertukaran panas terjadi karena adanya kontak, baik antara fluida yang bercampur maupun fluida yang terpisahkan oleh sekat. Perubahan laju aliran pada heat exchanger tertunya berpengaruh terhadap pendinginan.Tujuan  penelitian ini adalah (1) Mengetahui dan memahami sistem kerja heat exchanger type shell and tube. (2) Mampu menganalisa dan menyimpulkan hasil penelitian laju aliran pada shell and tube dengan tabel maupun grafik.Perpindahan kalor tersebut selisih temperatur tube (masuk dan keluar) untuk fluida panas tanpa pendingin dan hasil pada fluida panas dengan fluida dingin yang akan berhubungan dengan perbedaan rata-rata fluida panas dan dingin dan nilai afktifitas alat penukar kalor. Sebagai variebel laju aliran yang akan dirubah untuk mencari perbandingan.  Setelah dilakukan perbaikan dan perancangan ulang Alat uji heat exchanger generasi ke-2 sudah lebih baik dibandingkan  dengan alat uji heat exchanger generasi pertama, dilihat dari  Efektifitas alat heat exchanger ditemukan adanya peningkatan keefektifan dari 12% menjadi 91,94% kenaikan Efektifitas heat exchanger dikarenakan sudah tidak adanya kebocora pada sekat shell and tube (bufler).
PENGARUH VARIASI SUDUT PRIMARY PULLEY PADA TRANSMISI SEPEDA MOTOR SCOOPY 110 CC TAHUN 2014 TERHADAP DAYA DAN TORSI Hendra Harsanta; Parta Parta
Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin Vol 4, No 1 (2020): Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/mbjtm.v4i1.5710

Abstract

Dalam kehidupan sehari-hari bidang kegiatan transportasi sangat penting, secara umum diartikan sebagai perpindahan barang atau orang dari satu tempat ketempat lain. Seiring dengan peningkatan kebutuhan masyarakat dan semakin meningkatnya jumlah penduduk, maka aktivitas transportasipun juga meningkat. Dengan transportasi yang lancar maka distribusi barang dan jasa juga akan semakin mudah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi sudut primary pulley pada transmisi sepeda motor scoopy 110 cc tahun 2014 yang responsive untuk mengetahui pengaruh sudut kemiringan primary pulley dari sudut pulley standart dipakai 15,5º menjadi 12o dan 13º. Pulley adalah komponen terpenting dalam motor matic yang berguna untuk memindahkan kecepatan yang sudah sesuai dengan RPM pada mesin secara otomatis tanpa menggunakan gigi transmisi. melainkan menggunakan v-belt sebagai penghubung atau penerus putaran yang terjadi pada kedua pulley. Hasil penelitian   untuk mengetahui pengaruh variasi sudut kemiringan primary pulley 12o dan 13o terhadap daya dan torsi. Dengan menggunakan sudut Primary Pulley 12 pada kecepatan rpm 6000 menghasilkan 4 Hp dan 5,42 Nm. Nm dan sudut Primary Pulley 13o pada kecepatan rpm rpm 6000 menghasilkan 7,9 Hp dan 9,35 Nm.
ANALISIS PENGARUH VOLUME TABUNG TERHADAP EFISIENSI POMPA HYDRAM PADA KOLAM BUDAYA IKAN Ali Rosyidin; Yafid Effendi
Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin Vol 4, No 1 (2020): Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/mbjtm.v4i1.5708

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan Perkembangan teknologi dalam pemanfaatan air sebagai sumber energi saat ini untuk mengurangi biaya tambahan dan penggunaan energi listrik.. Salah satu teknologi yang memanfaatkan air sebagai sumber energi yaitu Hydram. Hydram merupakan jenis pompa yang tidak memerlukan tenaga dari listrik atau tidak menggunakan energi listrik maupun dari motor bakar. Sehingga tidak menjadi beban bagi masyarakat untuk membayar listrik.Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh diameter pipa terhadap volume tabung dan mengetahui efisiensi Hydram pada kolam budidaya ikan. observasi dalam penelitian ini adalah pengamatan terhadap komponen utama mesin itu sendiri maupun terhadap lingkungan yang berkaitan dengan penggunaan mesin ini nantinya.Untuk menghitung penggunan diameter pipa untuk tabung udara semakin tinggi dan semakin besar diemeter pipa hasil yang diperoleh adalah tingkat efsiensi terbesar pada ukuran diameter pipa 4 inch efisiensi 52,5 %, dan yang terendah 3 inch efisiensi 15 %.Penggunaan tabung udara memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap efisiensi pompa. Efisiensi tertinggi diperoleh pada volume tabung 0,00390 m dengan nilai efisiensi 52,5 % dan efisiensi terendah diperoleh pada volume tabung 0,00090 m dengan nilai 15  %.
ANALISIS ALIRAN UDARA FAN BLADE PADA MESIN CFM56-7B BOEING 737-800NG DENGAN COMPUTATIONAL FLUID DYNAMIC (CFD) Yafid Effendi; Jamaludin Jamaludin
Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin Vol 4, No 1 (2020): Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/mbjtm.v4i1.5711

Abstract

Pesawat terbang merupakan transportasi yang sangat diminati oleh masyarakat, karena kenyamanan dan waktu penerbangan yang sangat singkat. Pada saat ini penguasaan teknologi rancang bangun di bidang kedirgantaraan sangatlah pesat contohnya saja bermunculan berbagai jenis pesawat terbang seperti Boeing series, Airbus Series, Bombardir Series, ATR Series, bahkan dalam negeri juga mempunyai pesawat tersendiri buatan PT Dirgantara Indonesia seperti CN (235,295,2235-200), NC212, Helikopter H21 Super Puma, N219, dan lain-lain. Aliran udara melewati fan blade pada pesawat terbang jenis BOEING 737-800NG dengan mesin CFM56-7B yang dianalisa menggunakan software CFD. Pada penelitian ini memfokuskan pengaruh ketinggian terhadap kecepatan, gaya dorong, dan gaya hambat pada aliran udara melewati fan blade dengan menggunakan software CFD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, pengumpulan data langsung pada objek yang di analisis pada software CFD. Berdasarkan simulasi pada CFD dapat disimpulkan bahwa Velocity x dan pressure setelah melewati fan blade pada ketinggian 10.000 feet, masing-masing menghasilkan  m/s dan 64801.10 pa. Sedangkan berdasarkan ketinggian 20.000 feet, masing-masing menghasilkan  dan 30619,11 Pa. Pola aliran udara yang dibelakang   fan blade menghasilkan pola aliran udara laminar dan gaya dorong (thrust) dan gaya tahanan (drag) yang di hasilkan pada ketinggian 10.000 feet berturut-turut adalah 115120,442 N dan 12244,13N, dan pada ketinggian 20.000 feet adalah 134418,55 N dan 15965,3.
ANALISIS SISTEM TRANSMISI PADA MESIN PEMINTAL BENANG DENGAN KAPASITAS 3 CONS Ellysa Kusuma Laksanawati; Rofiroh Rofiroh
Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin Vol 4, No 1 (2020): Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/mbjtm.v4i1.5706

Abstract

Peningkatan kapasitas produksi telah menjadi tinjauan yang sangat penting dalam suatu industri. Maka sekarang perlu inovasi suatu konsep untuk mengembangkan dan memajukan industri kecil tersebut supaya hasil produksi gulungan benang semakin meningkat, dengan cara menciptakan suatu mesin penggulung benang yang lebih modern untuk menggantikan mesin penggulung benang yang masih tradisional. Dari sini timbul pemikiran suatu ide yaitu membuat suatu mesin penggulung benang dengan menggunakan tenaga motor listrik karena mesin dapat menggulung benang dengan cepat dan dengan mendapatkan hasil yang lebih baik. Poros motor listrik yang digunakan dikenai momen puntir (torsi) sebesar 0,68 (Nm). beban (W) yang bekerja pada poros motor listrik sebesar 113,66 N. Terdapat ukuran panjang pasak 4,23 (mm) dan 16,30 (mm). Diambil ukuran pasak 16,30 (mm), dengan alasan gaya akibat tekanan bidang lebih besar dibandingkan besarnya gaya yang akan memutuskan pasak. Pulli digerakkan sebesar 800 Rpm. Jenis sabuk disini adalah tipe A dengan ukuran lebar 12,5 mm, tinggi 9 mm dan dengan sudut 2 . Jenis bahan sabuk adalah leather/kulit. Dengan demikian perencanaan sabuk dikatakan aman, karena 7,44    30 . Dari tabel tersebut didapat ukuran 1070,42 mm dengan standar nominal sabuk ukuran 41. Daya yang ditransmisikan oleh sabuk adalah 4078,26 Watt.
ANALISIS PENGARUH TEMPERATUR TERHADAP LUBKRIKASI PADA MOULD DAN KUALITAS WHEEL PADA PROSES DIE CASTING Ahmad Iskandar; Amir Amir
Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin Vol 4, No 1 (2020): Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/mbjtm.v4i1.5718

Abstract

Pesawat terbang merupakan transportasi yang sangat diminati oleh masyarakat, karena kenyamanan dan waktu penerbangan yang sangat singkat. Pada saat ini penguasaan teknologi rancang bangun di bidang kedirgantaraan sangatlah pesat contohnya saja bermunculan berbagai jenis pesawat terbang seperti Boeing series, Airbus Series, Bombardir Series, ATR Series, bahkan dalam negeri juga mempunyai pesawat tersendiri buatan PT Dirgantara Indonesia seperti CN (235,295,2235-200), NC212, Helikopter H21 Super Puma, N219, dan lain-lain. Aliran udara melewati fan blade pada pesawat terbang jenis BOEING 737-800NG dengan mesin CFM56-7B yang dianalisa menggunakan software CFD. Pada penelitian ini memfokuskan pengaruh ketinggian terhadap kecepatan, gaya dorong, dan gaya hambat pada aliran udara melewati fan blade dengan menggunakan software CFD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, pengumpulan data langsung pada objek yang di analisis pada software CFD. Berdasarkan simulasi pada CFD dapat disimpulkan bahwa Velocity x dan pressure setelah melewati fan blade pada ketinggian 10.000 feet, masing-masing menghasilkan  m/s dan 64801.10 pa. Sedangkan berdasarkan ketinggian 20.000 feet, masing-masing menghasilkan  dan 30619,11 Pa. Pola aliran udara yang dibelakang   fan blade menghasilkan pola aliran udara laminar dan gaya dorong (thrust) dan gaya tahanan (drag) yang di hasilkan pada ketinggian 10.000 feet berturut-turut adalah 115120,442 N dan 12244,13N, dan pada ketinggian 20.000 feet adalah 134418,55 N dan 15965,3.
RANCANG BANGUN SUPPORTING AND SAFETY EQUIPMENT PADA MESIN ROBOT DRAWING HYBRID LASER Sumarno Sumarno; Amir Amir
Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin Vol 4, No 1 (2020): Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/mbjtm.v4i1.5707

Abstract

Penggunaan teknologi laser sebagai marking pada alat-alat rumah tangga maupun industri mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Dengan berlatar belakang hal tersebut saya dan tim menyusun sebuah karya tulis yang membahas tentang laser dan grafir khususnya mengenai komponen pendukung atau supporting equipment mesin ini. Penelitian yang sifatnya rancang bangun ini bertujuan agar pembaca dapat memahami proses perancangan desain hingga fabrikasi serta analisis dari komponen pendukung mesin Robot drawing hybrid laser. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur, observasi, perancangan desain, fabrikasi dan analisis hasil. Observasi ditekankan pada pengukuran dan pengkajian mesin utama Robot drawing hybrid laser. Perancangan desain dibantu oleh software pendukung yaitu Autodesk Inventor dan Autocad. Fabrikasi meliputi proses cutting, setting, welding dan finishing. Output penelitian ini berupa sebuah perangkat mesin yang siap untuk dioperasikan lengkap dengan komponen pendukungnya berupa meja kerja, safety cover, dan papan instruksi. Ketika mengoperasikan mesin ini operator akan merasa nyaman sehingga produktivitasnya pun tinggi.

Page 1 of 1 | Total Record : 8